Pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah tahap penting dalam proses belajar mengajar, dimana siswa mempelajari berbagai mata pelajaran dan membangun dasar untuk masa depan. Dalam proses belajar, strategi belajar yang efektif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang dipelajari. Strategi belajar yang digunakan siswa dapat mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Banyak siswa SMA yang mengalami kesulitan dalam belajar, terutama dalam menghadapi tekanan akademis yang tinggi dan waktu yang terbatas. Seperti laporan hasil kuesioner yang dilakukan terhadap siswa pada salah satu SMA dalam aspek belajar. Hasil kuesioner tersebut memberikan gambaran yang cukup jelas tentang bagaimana kondisi belajar siswa. Dari temuan tersebut, terlihat bahwa banyak siswa belum memiliki kebiasaan belajar yang terjadwal dengan baik, serta masih mengandalkan sumber belajar seperti buku atau video tanpa bimbingan tambahan. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran di sekolah agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan kualitas belajar dan persiapan menghadapi ujian.
Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki strategi belajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar dan hasil belajar. Strategi belajar yang efektif dapat membantu siswa dalam mengatur waktu, mengorganisir materi, dan meningkatkan motivasi belajar.